cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
ISSN : 23374411     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN" : 15 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII Manalu, Yunita Sari; Susanti, Ely; Somakim, Somakim
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.152 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Indralaya Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 20 orang. Data dalam pelaksanaan penerapannya melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan pada langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Berdasarkan observasi bahwa penerapan   pendekatan active learning tipe Index Card Match diperoleh presentase keterlaksaannya yaitu memperhatikan penjelasan 58,73%, terlibat aktif dalam pengambilan dan pencarian pasangan kartu indeks 96,83%, melakukan sesuatu untuk memahami materi pelajaran (membangun pemahaman) 70,63%, berkomunikasi dengan siswa/kelompok lain 62,70%, mampu membuat laporan/presentase 37,30%, berpikir reflektif 42,06%. Sedangkan presentase ketercapaian hasil belajar siswa adalah 5% kategori sangat baik, 65% kategori baik, 25% kategori cukup, dan 5% kategori kurang baik. Dengan demikian penerapan pendekatan active learning tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika adalah baik.
HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Ardiyah, Aryasi
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.698 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hu­bu­ngan yang sig­ni­fi­­­kan an­tara: (1) sikap belajar terhadap prestasi belajar mate­ma­tika; (2) motivasi belajar ter­ha­dap prestasi belajar matematika; (3) sikap belajar dan motivasi belajar terhadap pres­tasi be­­la­­jar matematika siswa ke­las VII SMP Negeri se-Ke­ca­ma­tan Kemiri Tahun Pe­­la­­jaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kemiri sebanyak 450 siswa dengan sampel sebanyak 196 siswa. Pe­ngambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sam­pling. Teknik pengambilan da­ta yang digunakan adalah metode angket dan tes. Tek­nik analisis data menggunakan uji t. Se­bagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas de­ngan metode Khai Kua­drat dan uji homogenitas dengan uji.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT Khasanah, Fatzilahtun
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.651 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 10 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara kuantitatif yang dideskriptifkan. Hasil analisis data memberikan gambaran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan diikuti meningkatnya prestasi belajar siswa. Dari nilai rata-rata awal 66,68 dengan ketuntasan belajar 16,13%, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 72,45 dengan ketuntasan belajar 58,06%, kemudian siklus II nilai rata-rata menjadi 77,42 dengan ketuntasan belajar mencapai 80,65%.
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR PADA SISWA KELAS X-1 SMA N 2 PURWOREJO Arifin, Arifin
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.484 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo dengan model pembelajaran arit berbantu media flash. Jenis penelitian ini adalah PTK  yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus mean dan persentase. Persentase kreativitas belajar pada siklus I untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok sebesar 52%, bekerja secara individu sebesar 55%, dan bekerja saat tes siklus sebesar sebesar 56%, pada siklus II kreativitas belajar mengalami peningkatan yaitu untuk bekerja secara kelompok menjadi 75%, bekerja secara individu menjadi 76%, dan bekerja saat tes siklus menjadi 89%. Sedang rerata prestasi belajar siswa dari 66,9 pada pra siklus meningkat menjadi 69,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 85,0 pada siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pem-belajaran air berbantu media flash dapat meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW PADA SISWA KELAS VII A Wati, Feri Ambar
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.523 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 10 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan  observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif kemudian didiskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan  bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata hasil observasi pada siklus I mencapai 70,58 dengan ketuntasan klasikalnya 21,88% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,73 dengan ketuntasan klasikalnya 87,50%. Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dari nilai rata-rata tes pada siklus I mendapatkan 71,47 dengan ketuntasan klasikalnya 43,75% dan pada silklus II setelah diberi tindakan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,88 dengan ketuntasan klasikalnya 81,25%.
ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA Wahyuningsih, Sri
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.264 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara anak berkebutuhan khusus tunarungu menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa cara siswa tunarungu menyelesaikan soal sebagai berikut: memahami soal untuk mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal tersebut dengan cara membaca berulang kali menggunakan bantuan jari tangan untuk menunjuk-nunjuk hingga siswa paham, menghitung menggunakan jari tangan. Membuat model matematika dengan menggunakan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya. Menerapkan strategi yang digunakan sesuai yang telah guru ajarkan, mengalikan terlebih dahulu lalu menjumlahkan. Siswa menggunakan jari tangan untuk menghitung dan coret-coretan pada kertas lain. Siswa menyelesaikan model matematika dengan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya.   Kata kunci: tunarungu, masalah matematika
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII Oktikasari, Bonita
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.334 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika; (2) konsep diri dengan prestasi belajar matematika; (3) disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kutowinangun seba­nyak 412 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 186 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Pengum­pu­lan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Pengujian hipotesis menunjukan thitung>ttabel dan Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan: disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika; konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.   Kata kunci: disiplin belajar, konsep diri, dan prestasi belajar matematika
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME Maryati, Dwi
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.632 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan prestasi belajar siswa menggunakan RME (Realistic Mathematics Education). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Buayan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan secara kualitatif. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran dari siklus 1 dengan rerata presentase 68,71% dengan kategori cukup, meningkat di siklus 2 dengan rerata presentase 81,77% dengan ketegori baik diantaranya siswa mampu memberikan jawaban, mampu mempresentasikan jawabanya di depan kelas, mampu menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian yang telah diperoleh dan mampu menyatakan notasi atau simbol kedalam model matematika dari suatu masalah dan terdapat peningkatan prestasi belajar pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu dengan rerata ulangan siswa dari 70,32 meningkat menjadi 78,87 dan ketuntasan klasikalnya dari 51,16% meningkat menjadi 83,87%.   Kata kunci : penalaran, prestasi belajar, RME
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR Hidayat, Annas Majid
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.415 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada materi persamaan garis lurus di SMPN 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan eknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes hasil belajar siswa yang telah memenuhi syarat validitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan , diperoleh thitung = 1,1812 dan ttabel = 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Snowball Throwing lebih baik dibandingkan hasil belajar ynag mendapatkan pembelajaran dengan Numbered Heads Together (NHT) pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII semester 1 SMPN 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.   Kata kunci: Pembelaran, Snowball Throwing, Numbered Heads Together (NHT)
ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA Zahro, Ati
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.72 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Latihan Ujian Nasional Seko-lah Dasar/Ibtidaiyah tahun pelajaran 2014/2015 mata pelajaran matematika di kecama-tan Klirong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di 3 Sekolah Dasar yaitu Sekolah Dasar Negeri 1 Gebangsari, Seko-lah Dasar Negeri 3 Bumiharjo, dan Sekolah Dasar Negeri Pandanlor yang berjumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumen. Data yang dikumpulkan berasal dari soal dan lembar jawab siswa. Dari Soal Latihan Ujian Nasional yang mempu-nyai 40 butir soal maka hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran sukar ber jumlah 4 butir soal (10%), sedang berjumlah 27 butir soal (67,5%), dan mudah berjumlah 9 butir soal (22,5%). Daya pembeda jelek berjumlah 10 butir soal (25%), cukup berjum-lah 17 butir soal (42,5%), baik berjumlah 13 butir soal (32,5%), dan baik sekali berjum-lah 0 butir soal (0%). Pengecoh sangat baik berjumlah 29 butir soal (72,5%), pengecoh yang baik berjumlah 5 butir soal (12,5%), pengecoh kurang baik berjumlah 5 butir soal (12,5%), dan pengecoh tidak baik berjumlah 1 butir soal (2,5%). Validitas soal sebelum analisis adalah 0,793952, dan setelah analisis adalah 0,761866 terbukti valid. Reliabilitas soal sebelum analisis adalah 0,876807, dan setelah analisis adalah 0,8644839 terbukti reliabel. Keseluruhan soal latihan Ujian Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah mata pelajaran matematika yang dibuat oleh UPT Dinas DIKPORA Kecamatan Klirong termasuk soal yang baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 41, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 40, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 39, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 38, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 37, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 36, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 34, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 33, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 32, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 2 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 3 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 29, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 28, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 24, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 22, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 18, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 17, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 12, No 5 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 10, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 9, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 6, No 2 (2013): EKUIVALEN Vol 6, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 5, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 4, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 2, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN More Issue